Sunday, April 5, 2009

Follower and Plagiarism

Tadi baru plurk-an sama Mba Ifa, ngebahas soal 1st Anniversary Happy Family Me vs Mom. Seru acaranya, biar rusuh tetep kreatif menurutku. Dan Mba Ifa sempet masuk dalam tim itu. Kreatif dan 2 thumbs up 4 trans. Sampai akhirnya aku mencetuskan "bukan jd TV follower doank bisanya. upz..hehehehe". Dari sini muncul ide tuk membahas topik ini, follower.

Minggu lalu ramai dengan pemberitaan D'Massive yang dituduh menjiplak lagu-lagu band luar. Yaa..notasinya sama persis waktu diperdengarkan. Walau aku gak tau tentang musik, tapi jelas terdengar klo musik dari beberapa lagu mereka sama persis dengan lagu-lagu band luar yang mungkin adalah idola dr mereka. Padahal, mereka sudah punya penggemar fanatik sendiri. Itu terlihat dari ramainya kantorku dengan t-shirt bertuliskan D'Massive klo mereka sedang jadi bintang tamu di salah satu acara di kantorku.

Yaaahh..aku memank bekerja di salah satu stasiun tv swasta. Awalnya, aku sangat menggemari acara-acara yang disiarkan tv ini. Dan sewaktu kuliah dulu, aku setiap hari melewati jalan tv ini. Sampai ada keingginan di lubuk hati ini, suatu saat aku mo kerja dsini. Alhamdulillah keinginanku terkabul. Terima kasih Ya Allah..

Bak rembulan...Dari jauh indah dalam penglihatan, tapi bila tau bentuk aslinya...
Mungkin ini hal yang tepat tuk menggambarkannya. Entah mengapa belakangan ini koq seakan menjadi tv follower, yang hanya membuat program mirip dengan program tv lain yang sudah sukses terlebih dahulu. Gak perlu ku sebut nama programnya, pokoknya mulai dari program musik, reality show, sampe game show terbaru. Belum lagi sinetron-sinetronnya yang makin gak masuk akal dan critanya hampir sama 1 dengan lainnya. Kadang merasa jengah..namun apa mau dikata, aku sudah masuk di dalamnya. hehehehe..

Dari 2 hal di atas muncul pertanyaan: apakah follower itu sama dengan plagiat? atau klo tidak sama, apa bedanya follower dan plagiat??

Ada yang bisa bantu menjawab?! Tolong tuliskan pendapat saudara/i di kolom post comment. hehehehehe..thx b4

3 comments:

  1. Jelas beda nad..

    ini menurut yg gw tau ya..
    Mnurut ilmu advertising yang penah gw pelajarin folower artinya menjadi brand pengikut untuk bersaing dengan top brand. nih misalnya, ada 2 brand dengan konsumen berbeda sebut aja Coca cola dan teh botol - 22nya adalah top brand. mereka punya target market masing2.. suatu hari coca cola menaikan target market mereka dengan berfikir bagaimana bisa mengambil pasar peminum teh botol menjadi peminum cola. akhirnya coca cola membuat produk teh - nestea (kl g salah).. teh botol nggak mau kalah doong! akhirnya teh botol juga berusaha mengambil para konsumen cola dengan membuat produk baru tebs - minuman bersoda.
    Nah disini, nestea dan tebs adalah produk follower. gunanya untuk menandingi top product. tapi mereka bukan plagiat, karena komposisi minumannya berbeda.

    Kalau plagiat itu artinya peniruan. Plek ketiplek kurang lebih. misalnya lo bikin tugas, tanpa ada izin dari temen lo lo copy paste laporan dia, dan lo ganti dikit2 bahansanya dan diganti fontnya.. itu namanya plagiasi..

    Nah, dah tau bedanya kan??
    itu yg gw tau yaa.. :)

    ReplyDelete
  2. yahh...klo buat gw siy yah... follower itu inspirasi. dan plagiat itu menjiplak.

    ReplyDelete
  3. Menurut gw,semua orang tuh follower.Soalnya jarang ada yang baru didunia ini.Jadi misal kita buat cerpen.Nah,bisa jadi cerpen kita itu mirip sama cerpen orang lain.Padahal,jelas-jelas ini dari inspirasi kita sendiri.Tapi gak tau juga sih.Soalnya kan kita gak sengaja.Gak usah cerpen deh,lagu aja banyak yang mirip padahal mungkin penciptanya gak sengaja.Kalau kita hidup di jaman dulu mungkin kita bisa berbeda,soalnya masih banyak nada-nada yang belum dipake. :)

    ReplyDelete